Rahasia Mendapatkan Peluang Bisnis Rumahan 2016 Tanpa Modal Untuk Ibu Rumah Tangga, Mahasiswa dan Semua Kalangan

Tips Jitu Cara Menjalankan Usaha Budidaya Ikan Lele

Usaha Budidaya Ikan Lele - Ikan lele merupakan ikan air tawar yang mempunyai nilai jual yang lumayan tinggi. Mengingat permintaan masyarakat akan ikan lele ini cukup tinggi. Hal tersebut juga masih belum bisa 100% terpenuhi dengan banyaknya para peternak ikan lele. Hal tersebut dikarenakan ikan lele bisa menjadi pilihan jenis makanan yang merakyat. Selain itu ikan lele sangat mudah untuk di olah maupun dikreasikan menjadi menu makanan lainnya. Nah tentunya dengan beberapa alasan tersebut bisa menjadikan bisnis budidaya ikan lele menjadi peluang usaha sampingan yang menguntungkan untuk anda. Bagi anda yang memiliki pekerjaan pokok lainnya, tentunya bisa mendatangkan pundi-pundi uang dengan memulai usaha budi daya ikan lele. Nah berikut ini akan kami bahas mengenai trik khusus budidaya ikan lele.

Melihat Bagaimana Peluang Usaha Ternak Jangkrik Yang Menguntungkan
Tips usaha budidaya ikan lele sebagai bisnis sampingan menjanjikan

Hal penting dalam sukses usaha budidaya Ikan Lele

Jenis Ikan Lele
Pemilihan ikan lele sebagai peluang usaha budidaya ikan tentunya mempunyai alasan yang kuat. Dimana alasan tersebut merupakan kelebihan yang telah terbukti. Dimana dalam pembudidayaan ikan lele merupakan pembudidayaan yang paling mudah. Selain itu proses pertumbuhan ikan lele merupakan pertumbuhan yang cepat di bandingkan budidaya jenis ikan lainnya.

Selain itu ikan lele memiliki kemampuan adaptasi lingkungan yang baik. Tidak hanya itu ikan lele bisa di kembangbiakkan di kolam ikan alami ataupun kolam ikan yang terbuat dari semen. Ikan lele juga mampu bertahan hidup dalam keadaan air yang buruk sekalipun. Dengan demikian anda tidak perlu memperhatikan pergantian air yang rutin.

Pembuatan Kolam
Dalam pembudidayaan ikan lele, anda harus mengetahui beberapa hal penting sebagai syarat agar peternakan ikan lele anda menjadi sukses. Pada tahap awal, anda harus memilih jenis ikan lele. Setelah tahap tersebut anda harus mengenali jenis ikan lele tersebut dari sifat-sifat dan karateristik ikan lele tersebut. Hal lainnya yang lebih penting dalam usaha budidaya ikan lele adalah persiapan kolam ikan lele. Dimana anda bisa menggunakan kolam ikan dengan lahan tanah dengan rangka terpal ataupun kolam ikan buatan. Yang terpenting kedalaman kolam minimal sedalam 50 cm.

Ph Air Kolam
Selanjutnya anda perlu menyiapkan air kolam sebelum penebaran bibit ikan lele. Dimana dalam usaha budidaya ikan lele ini persiapan air kolam mempunyai peranan penting. Hal tersebut berkaitan dengan kemungkinan munculnya penyakit yang akan menyebabkan kematian bibit ikan lele. Oleh karena itu anda arus memastikan PH air yang digunakan berkisar 7 hingga 8. Hal tersebut harus selalu di cek agar ikan lele tidak banyak yang mati.

Dengan demikian pengukuran PH air yang tepat sangat di butuhkan setiap harinya. Bagi anda yang tidak tergantung akan sumber air alami seperti aliran sungai, anda bisa menggunakan aliran air dari PDAM. Namun yang perlu anda ingat bahwa air PDAM mengandung kaporit. Dimana kandungan kaporit tidak baik untuk pertumbuhan ikan lele. Oleh karena itu sebelum mengalirkan air PDAM ke dalam kolam ikan lele, sebaiknya ir tersebut telah di endapkan kurang lebih selama 3 hari.
Menekuni Usaha Sampingan Ternak Puyuh Modern Omzet Jutaan
Pemilihan Pakan
Dalam menjalankan budidaya ikan lele, anda juga harus memperhatikan pemberian pakan yang tepat. Dimana anda harus secara rutin menaburkan pakan. Misalnya dalam sehari anda bisa memberikan pakan selama 2 kali sehari yaitu pagi dan sore. Namun yang perlu di ingat anda harus menakar dan menyesuaikan banyaknya ikan yang berada di kolam anda. mengingat terlalu banyak memberikan pakan akan menjadi pemicu kematian ikan lele. Selain itu anda juga harus memperhatikan cuaca dan ancaman penyakit atau jamur yang bisa mengancam kelangsungan ikan lele anda. Demikian pembahasan kali ini mengenai peluang usaha budidaya ikan lele semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Jitu Cara Menjalankan Usaha Budidaya Ikan Lele